Kita memperingati Hari Bumi (Earth Day) setiap tanggal 22 April. Pernah bertanya-tanya bagaimana Hari Bumi dimulai?

Hari Bumi pertama diadakan pada 22 April 1970, ketika aktivis San Francisco John McConnell dan Senator Wisconsin Gaylord Nelson secara terpisah meminta orang Amerika untuk bergabung dalam suatu demonstrasi. Demonstrasi itu terkait dengan masalah serius mengenai air minum beracun, polusi udara, dan efek pestisida yang bisa membahayakan masyarakat dan lingkungan sekitar. Saat itu, sekitar 20 juta orang Amerika—10% dari populasi—berkelana di luar ruangan dan memprotes bersama.

McConnell awalnya memilih equinox musim semi (20 Maret 1970), tetapi Nelson memilih 22 April, yang akhirnya menjadi tanggal perayaan resmi. Nah sekarang, Hari Bumi tidak hanya dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah lingkungan, tetapi juga menjadi momen yang populer bagi banyak komunitas untuk berkumpul bersama untuk membersihkan sampah, menanam pohon, atau sekadar menikmati
keindahan alam.

Berikut ini kegiatan-kegiatan yang dilakukan di beberapa negara untuk merayakan Hari Bumi.
Baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun komunitas tertentu.

1. Amerika Serikat
Di Amerika Serikat, Hari Bumi bukanlah hari libur resmi, tetapi masih dirayakan dengan berbagai cara. Orang Amerika dari segala usia berpartisipasi dalam acara untuk meningkatkan kesadaran publik tentang masalah lingkungan. Di sekolah-sekolah di seluruh Amerika Serikat, guru sering memberikan pelajaran yang berfokus pada tema lingkungan.Warga secara sukarela membersihkan kota mereka dan terkadang taman kota. Hari Bumi
mendorong semua orang untuk mendaur ulang dan hidup dengan cara yang lebih ramah lingkungan.

2. Prancis
Pada tahun 1990, pembentukan organisasi di Prancis berjalan seiring dengan meluasnya gerakan Hari Bumi ke seluruh dunia. Hari Bumi Prancis telah membedakan dirinya dengan mengorganisir kampanye dan demonstrasi lingkungan, salah satunya, sejak 22 April 1990, diselenggarakan acara terbesar di Prancis yang didedikasikan untuk lingkungan dengan jutaan peserta dan hampir seribu aksi di semua bidang dari lingkungan.

3. Quebec, Kanada
Di Quebec, sejak tahun 1995, Hari Bumi diperingati dengan menyelenggarakan segala macam kegiatan peningkatan kesadaran tentang isu-isu lingkungan. Dengan kemampuannya untuk memobilisasi pemangku kepentingan lokal, Hari Bumi terus berkembang, mengembangkan berbagai inisiatif setiap hari dan setiap tanggal 22 April.

4. Copenhagen, Denmark

Perayaan Earth Day United di Copenhagen, Denmark (www.mentalfloss.com)

Untuk memperingati Hari Bumi setiap tanggal 22 April di Copenhagen, ibukota Denmark, diselenggarakan perayaan yang dikenal dengan Earth Day United. Acara tahunan ini biasanya digelar di Christiansborg Castle Square. Dalam perayaan yang dirancang oleh beberapa organisasi peduli lingkungan ini, masyarakat akan berkumpul membawa drum dan berbagai alat musik. Mereka akan memainkan alat musiknya selama 15 menit, selama dua jam sekali. Setelahnya, mereka akan bersama-sama mengikuti parade sains.

5. London, Inggris
London memiliki cara tersendiri untuk memperingati Hari Bumi. Perayaan Earth Day diisi dengan festival musik dan pengumpulan donasi. Acara yang dipenuhi pemusik dan aktivis lingkungan ini juga digunakan sebagai ajang mencari dana untuk mendukung gerakan-gerakan peduli lingkungan. Bahkan beberapa band dan musisi kerap mengisi perayaan tersebut.

6. Sydney, Australia
Di Sydney Australia ada perayaan Nature Walk yang dilakukan di Nurragingy Reserve di Sidney Australia, yakni sebuah taman kota yang terletak di New South Wales, dekat Sydney. Di taman hari itu, akan ada ada aktivis lingkungan dan masyarakat yang melakukan kegiatan Nature Walk. Dalam acara tersebut, ada pula pembagian hadiah berupa sepeda recycle serta beberapa diskusi menarik soal alam seperti bagaimana menarik perhatian kupu-kupu.

7. Meksiko

Mural dan Lukisan yang Dipilih dari Kampanye “Artis untuk Bumi” oleh Jaringan Hari Bumi: Meksiko tahun 2020 lalu (Day et al., 2020)

 

Di Meksiko, lingkungan telah menjadi bagian dari budaya sejak zaman pra-Hispanik sehingga selama Earth Day akan ada beberapa ekspresi budaya yang ditampilkan. Salah satunya adalah mural dan lukisan yang bertemakan lingkungan yang dibuat oleh “Artist of The Earth”. Dalam perayaan itu, ada pula festival film lingkungan dan festival music yang disebut Festival Bahidorá.
Acara lainnya untuk memperingati Earth Day adalah kontes “Sekolah Hari Bumi”, yang didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Lingkungan Hidup. Lebih dari 2.000 sekolah dari 32 negara bagian Meksiko telah mendaftar. Selain itu, partisipasi universitas swasta dan negeri di Meksiko telah memicu gerakan yang disebut “Pemuda untuk Bumi,” dan kemitraan dengan “Piagam Bumi” dan “Jumat untuk Masa Depan” telah membuat gerakan ini menjadi kolaborasi yang luas bagi mahasiswa.

Itulah yang dilakukan teman-teman kita di beberapa negara untuk merayakan Hari Bumi.
Bagaimana denganmu di negara tercinta ini?

 

Ditulis oleh : Titus Trias Trapsila

Referensi:
Day, E., Ruge, T., Network, E. D., & Day, E. (2020). The Significance of Earth Day’s 50th
Anniversary in Mexico: Tiahoga Ruge. One Earth, 2(4), 325–328.
https://www.almanac.com/content/earth-day-date-activities-history
https://americanenglish.state.gov/content-spotlight-earth-day
https://www.uky.edu/sustainability/earth-day-2020
https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/22/113000365/hari-bumi-mengintip-agenda-rutin-
perayaan-earth-day-di-berbagai-penjuru?page=all
https://www.mentalfloss.com/article/94126/10-earth-day-celebrations-around-world